Rabu, 07 Juli 2010

Gawang Lokasi

Gawang lokasi adalah sebuah alat yang digunakan untuk melokalisir posisi hilal ketika pelaksanaan rukyah. Alat ini terdiri dari dua bagian yaitu:
a. Tiang pengincar,
adalah sebuah tiang tegak terbuat dari besi yang tingginya sekitar 1 sampai 1,5 meter, dan dipuncaknya diberi lobang kecil untuk mengincar.
b. Gawang lokasi,
adalah dua buah tiang tegak terbuat dari besi berongga. Pada ketinggain yang sama dengan tinggi tiang teropong, kedua tiang tersebut dihubungkan dengan mistar datar sepanjang kira2 15-20 CM, sehingga ketika melihat melalui lobang kecil itu yang terdapat pada ujung tiang pengintai menyinggung garis atas mistar, pandangan akan menembus persis pemukaan air laut yang merupakan ufuk mar’i.
diatas kedua tiang tersebut terdapat dua tiang besi yang atasnya dihubungkan dengan mistar datar. Kedua tiang ini dimasukan kedalam rongga dua tiang pertama, sehingga tinggi rendahnya dapat menurut tinggi hilal pada saat observasi.
Jarak yang baik antara tiang pengincar dengan gawang lokasi sekitar 5 meter atau lebih.
Untuk menggunakan alat ini, kita harus punya data hasil perhitungan tentang hilal itu sendiri pada tempat tersebut sudah terdapat arah mata angin yang cermat.
Sistem perhitungan untuk menyetel gawang dan tongkat pengincar menggunakan persamaan trigonometri. Tapi belu saatnya diupload soalnya mau ngumpulkan tugas dulu, klo dah saya kumpul gampang he....
sumber Almanak Hisab Rukyah Depag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada pesan!